HMD Global Akui Tak Lagi Bersaing di Pasar Smartphone Unggulan

HMD Global Akui Tak Lagi Bersaing di Pasar Smartphone Unggulan

HAPEBARU.NET – Dalam ajang MWC 2022 yang digelar pekan lalu, banyak brand hadir dengan mengumumkan produk baru mereka yang impresif.
Namun, merek Eropa, Nokia, tidak mendapat banyak perhatian di acara tersebut. HMD Global, yang merupakan pemilik Nokia saat ini, telah memperkenalkan sejumlah produk baru, tetapi semuanya adalah entry-level. Hal ini menimbulkan pertanyaan terkait komitmen perusahaan terhadap perangkat smartphone kelas flagship.
Dalam wawancaranya dengan media, Adam Ferguson selaku Head of Product Marketing dari HMD Global mengungkapkan bahwa perusahaan berada dalam kondisi yang tidak pasti terkait produk smartphone andalannya. 
“Membuat smartphone dengan harga Rp 10 juta ke atas, tidak masuk akal bagi kami saat ini,” jawabnya. 
Ini adalah pernyataan yang menjawab secara langsung bahwa HMD Global tidak lagi memiliki keinginan untuk mengejar pasar smartphone flagship, sesuai dengan prakiraan dan isu yang beredar selama ini. Adam menambahkan, HMD tidak ingin terlibat perang besar dengan merek lain di segmen tersebut, dan lebih memilih berbisnis di segmen yang berbeda. 

Mengapa HMD Tidak Lagi Membuat Perangkat Unggulan?

Pada tahun-tahun pertama mereka di pasar perangkat seluler, HMD Global telah mencoba segalanya. Mereka mencoba bersaing dalam harga, fitur smartphone, berinovasi dengan high end, memberikan update cepat, menawarkan Android One, dan berekspansi ke pasar global. 
Semua ini dilakukan dengan sumber daya dari sebuah start-up kecil dengan modal nama besar Nokia di masa lalu. Semua pihak sepakat bahwa upaya yang dilakukan oleh HMD Global tampaknya menggigit lebih dari yang bisa mereka kunyah, dan semuanya mengalami kemunduran sejak rilis Nokia 9 Pureview pada tahun 2019. 
Jika melihat laporan pengiriman unit HMD dan laporan keuangan yang tidak jelas, memang Dapat dimengerti bahwa perusahaan tampaknya telah menerima pukulan yang cukup keras pada tahun 2019 yang terbawa ke paruh pertama tahun 2020. 
Pandemi semakin parah, tetapi keadaan masih bisa membaik, perlahan. Dalam beberapa periode terakhir, pengapalan perusahaan sudah mulai meningkat, keuangan terlihat lebih sehat dan HMD telah menguntungkan untuk kuartal keenam berturut-turut, dimulai pada kuartal ketiga tahun 2020. 
Di balik kenaikan tersebut, sepertinya HMD Global telah mengubah strateginya. Dari luar, sepertinya HMD sudah menyerah dan meninggalkan persaingan di pasar smartphone flagship. Dan strategi itu membuahkan hasil.HMD Global Akui Tak Lagi Bersaing di Pasar Smartphone Unggulan

Akhir Kata

Itulah Artikel “HMD Global Akui Tak Lagi Bersaing di Pasar Smartphone Unggulan“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
Jangan Lupa untuk share ke teman kalian dan kerabat kalian, agar mereka juga ikut mendapatkan Wawasan Terbaru juga.
Jika Ada kekurangan atau kritik dan saran jangan sungkan untuk komentar yah, karna itu sangat membantu kami untuk menjadi lebih baik lagi.

Check Also

Windows 11 Meningkat, Windows 10 Versi 21H2 Masih Nomor Satu

Windows 11 Meningkat, Windows 10 Versi 21H2 Masih Nomor Satu

HAPEBARU.NET – Peluncuran Windows 11 masih berlangsung, sehingga wajar jika tingkat adopsi akan terus meningkat. …

Leave a Reply

Your email address will not be published.